Tuesday 3 December 2013

Blackberry Curve 9320 Armstrong



Blackberry Curve 9320 Armstrong merupakan handphone/smartphone yang sekarang saya gunakan. Saya mendapatkan handphone/smartphone tersebut dari kakak yang membelikannya untuk saya karena kakak saya telah melihat handphone saya yang lama sudah tidak berfungsi dengan baik lagi (rusak). Karena telah melihat keadaan tersebut kakak saya berinisiatif untuk membelikan saya sebuah handphone/smartphone Blackberry Curve 9320 Armstrong yang pada waktu itu merupakan keluaran terbaru yang masih fresh sehingga kakak saya memberikan rekomendasi handphone/smartphone tersebut. Karena itu merupakan keluaran terbaru dan juga merupakan perbaikan dari seri sebelumnya yaitu Blackberry Curve 9220 Davis, akhirnya saya memutuskan untuk membeli Blackberry Curve 9320 Armstrong. Akhirnya kakak saya pun menuju ke Plaza Marina tepatnya di Apollo Celluler untuk membeli handphone/smartphone tersebut.
Blackberry Curve 9320 Armstrong memberikan spesifikasi yang menarik yaitu diantaranya: Jaringan 2G 3G GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 3G Network : HSDPA Body Ukuran Berat Warna 109 x 60 x 12.7 mm 103 gram Black - QWERTY Layar Tipe Ukuran TFT, 65K colors 320 x 240 pixels, 2.44 inches, 164 ppi pixel density - Touch-sensitive optical trackpad Sound Alert types Vibration; Polyphonic(64), MP3 ringtones Loudspeaker 3.5mm jack Memori Internal External RAM 512 MB microSD, up to 32 GB 512 MB Data HSDPA HSUPA WLAN Bluetooth USB GPRS, EDGE 7.2 Mbps 5.76 Mbps Wi-Fi 802.11 b/g/n v2.1 with A2DP microUSB v2.0 Kamera Belakang 3.15 MP, 2048x1536 pixels, LED flash Video, Geo-tagging, image stabilization Fitur OS Sensors Messaging Browser Radio GPS BlackBerry OS 7.1 Accelerometer, proximity, compass SMS (threaded view), MMS, Email, Push Email, IM HTML Stereo FM radio with RDS with A-GPS support - BBM key - MP3/eAAC+/WMA/WAV/Flac playe - MP4/H.263/H.264/WMV player - Organizer - Document viewer - Voice memo/dia - Predictive text input Baterai Stand-by Bicara Putar musik Standard battery, Li-Ion 1450 mAh Up to 432 jam Up to 7 jam Up to 30 jam Dari spesifikasinya terlihat bahwa Blackberry Curve 9320 Armstrong merupakan handphone/smartphone yang oke punya, tetapi ternyata banyak kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh Blackberry Curve 9320 Armstrong.

Mari kita mengulas tentang kelebihan terlebihan dahulu dari Blackberry Curve 9320 Armstrong yang saya miliki.
  1. Desain BlackBerry Curve 9320 tidak memberikan inovasi terbaru dari segi tampilan. Dengan masih memakai cashing plastik mengilap dimana hal ini memberikan kesan mewah dengan harga yang di tawarkan. Serta dengan menggunakan Pinggiran metalik dan karet pelindung membuat curve amstrong ini kokoh digenggam. Tidak ada perubahan signifikan dengan seri seri sebelumnya. Audio jack 3,5mm diletakkan pada puncak smartphone. Tombol yang didedikasikan khusus untuk BlackBerry Messenger (BBM) diletakkan pada sisi kiri. Anda bisa mengakses cepat BBM dengan sekali tekan. 
  2. Layar Tampilan gambar pada layar sesuai dengan harganya. Layar 2,44 inci dengan 320×240 ini tidak terlalu menyolok dipandang. Beberapa ikon aplikasi hampir menyentuh pinggir layar 
  3. Keyboard Keunggulan BlackBerry terletak pada kenyamanan keyboard QWERTY. Ini masih dipegang teguh pada Curve 9320. Tombol lebih kecil dibanding seri BlackBerry Bold. Tapi, tetap masih mudah digunakan untuk mengetik e-mail. 
  4. Performa Untuk smartphone BlackBerry dengan harga terjangkau, Curve 9320 berjalan dengan lancar. Kekuatan prosesor 806MHz single-core memberi dukungan maksimal. Prosesor ini mencukupi untuk menjalankan BlackBerry OS 7.1 dengan baik. 
  5. Kamera Kendati hanya memberikan 3.2MP, kamera Curve 9320 dapat membuka dengan cepat. Tapi, tidak menjanjikan kualitas foto yang baik. Posisi LED flash yang aneh tidak membantu saat memotret pada pencahayaan rendah. Setidaknya, masih ada peningkatan dibanding hasil foto Curve 8520 dan 9300. Dengan kamera ini, Anda dapat tag lokasi pemotretan dengan dukungan built-in GPS. 6. Baterai RIM mengumbar kemampuan daya tahan baterai Curve 9320. Ponsel ini memiliki waktu bicara 7 jam, 30 jam mendengarkan radio FM dan musik, dan siaga 2 hari untuk penggunaan menengah hingga kelas berat. 
Nah setelah kita melihat kelebihan dari Blackberry Curve 9320 Armstrong, sekarang kita akan gantian mengulas tentang kelemahan dari Blackberry Curve 9320 Armstrong yaitu diantaranya: Kelemahan Blackberry Curve 9320 Selain kemampuan kamera yang minim, browser BlackBerry kalah bersaing dengan kompetitor Android dan iOS. BlackBerry perlu membenahi kemampuan browsernya. Mungkin tidak menjadi perhatian karena BBM menjadi fokus utama.

Setelah kita mengetahui kelebihan dan kekurangan dari Blackberry Curve 9320 Armstrong, sekarang kita akan membahas mengenai fitu/fungsi aplikasi yang saya senangi di dalam Blackberry Curve 9320 Armstrong.
  1. Blackberry Messenger (BBM) Yaitu merupakan sebuah aplikasi yang dipersembahkan RIM untuk Blackberrry yang dapat berfungsi untuk bisa berhubungan dengan pengguna blackberry di seluruh dunia. BBM tidak mengenal kata lemot gara-gara gangguan operator. Untuk dapat berhubungan dengan para pengguna blackberry lainnya kita harus bisa mengetahui PIN terlebih dahulu . 
  2. App World Yaitu merupakan sebuah aplikasi yang diperuntukkan untuk pengguna blackberry diseluruh dunia, dimana di dalam aplikasi ini kita bisa mendownload berbagai macam fitur/fungsi aplikasi yang kita inginkan baik itu berupa game, tema, ataupun aplikasi-aplikasi lainnya baik yang secara gratis ataupun berbayar. 
  3. Bantuan / help Yaitu merupakan sebuah aplikasi yang dapat membantu para pengguna blackberry khususnya para pengguna baru yang masih bingung dengan cara kinerja dari Blackberry Curve 9320 Armstrong. Di aplikasi ini berisi buku panduan/petunjuk untuk cara mengoperasikan dari Blackberry Curve 9320 Armstrong itu sendiri. Jadi ini merupakan seperti buku panduan elektronik sehingga memudah para pengguna untuk menggunakannya dimana saja tanpa harus membaw buku panduan manual Blackberry Curve 9320 Armstrong.

Dari ketiga fitur/fungsi aplikasi tersebut ada salah satu fungsi yang menurut saya wajib diketahui oleh para pelajar yaitu adalah aplikasi Blackberry Messenger (BBM). Mengapa saya memilih aplikasi ini? Alasannya adalah aplikasi ini memberikan banyak manfaat dan kemudahan yang salah satunya sudah saya jelaskan tadi yaitu mengenai komunikasi dimana di dalam aplikasi ini tidak mengenala kata lemot gara-gara operator. Langkah –langkah yang harus dilakukan terlebih dahulu sebelum menggunakan aplikasi tersebut adalah:

1. Harus terlebih dahulu mempunyai Blackberry Curve 9320 Armstrong

2. Harus mendaftar paket blackberry internet service (BIS) melalui operator yang anda gunakan, silahkan hubungi operator anda untuk mendaftarkan paket BIS ini bisa harian, mingguan, ataupun bulanan.

3. Setelah mendaftar paket BIS dan mengetahui nomor pin BB anda, selanjutnya anda perlu mengetahui nomor PIN teman/saudara anda. Setelah itu lalu masukkan sebagai kontak BBM caranya: klik lambang BBM pada menucontactinvite to BBMmasukkan nomor PIN teman/saudara anda, tunggu beberapa saat apabila telah masuk maka nama teman and dan display picture (foto) akan tampil di halaman kontak BBM anda. Itulah tadi beberapa ulasan mengenai handphone/smartphone Blackberry Curve 9320 Armstrong. Semoga bisa menjadi referensi anda dalam memilih handohone/smartphone yang ingin anda pilih.

Sumber referensi:
  1. Buku manual handphone/smartphone Blackberry Curve 9320 Armstrong
  2. id.blackberry.com/‎
  3. setyawanblog.blogspot.com

No comments:

Post a Comment