Monday 18 November 2013

BlackBerry Curve Black 8520



Handphone/ smartphone yang saya gunakan adalah BlackBerry Curve Black tipe 8520. Dibelikan oleh orang tua di Plaza Marina Surabaya pada saat ulang tahun saya yang ke 16 tahun.

Spesifikasi teknis yang terdapat dalam smartphone ini adalah
  • Berat: kurang lebih 3.7 oz (106 g) termasuk baterai ion litium · 
  • Ukuran (P x L x T): 4,29 x 2,36 x 0,54 in. (109 x 60 x 13,88 mm) · 
  • Memori flash 256 MB 
  • Baterai sel ion litium isi ulang, lepas pasang · 
  • Mendukung kartu SIM 1,8 V; 3 V · 
  • Port yang kompatibel dengan USB mikro untuk sinkronisasi data dan pengisian data 
  • Dukungan empat jalur: GSM® 850, GSM 900, DCS 1.800, PCS 1.900 MHz · 
  • Jaringan Wi-Fi® · Standar LAN nirkabel: IEEE® 802.11b™, IEEE® 802.11g™ · 
  • Bluetooth® · Dukungan satu jalur: ISM 2,4 GHz · Frekuensi pengirim dan penerima: 2.402 s/d 2.480 MHz · Bluetooth Kelas 1 
Kelebihan pada smartphone ini adalah memiliki fitur aplikasi social media berupa BBM, LINE, TWITTER, FACEBOOK dll. Namun ciri khas dari smartphone ini adalah fitur BBM yang hanya dimiliki oleh pengguna smartphone blackberry. Tidak hanya itu smartphone ini juga memiliki jaringan wifi secara gratis untuk didaerah yang memiliki jaringan wifi. Kemudian terdapat aplikasi Word To Go digunakan untuk tempat membuka Document yang berasal dari Microsoft Word, Sheet To Go digunakan untuk tempat membuka Book yang berasal dari Microsoft Excel, dan Slideshow To Go digunakan untuk membuka Slide yang berasal dari Microsoft PowerPoint. Selain itu smartphone ini memiliki kata sandi untuk mengunci blackberry agar tidak dibobol oleh selain pengguna blackberry.

Selain kelebihan, smartphone ini juga mempunyai kekurangan. Menurut saya kekurangannya adalah tidak bisa digunakan untuk download aplikasi Path, Instagram dan Camera 360 seperti yang ada pada android. Kemudian tidak bisa digunakan untuk browsing bila tidak dipaketkan terlebih dahulu. Dan juga jika kita me reboot smartphone ini kita harus bersabar menunggu karena butuh kurang lebih 3-5menit untuk menghidupkan smartphone blackberry kembali. Dan jika smartphone mempunyai banyak aplikasi maka handphone ini akan selalu nge hang dan harus mereboot smartphone ini.

Fitur/fungsi aplikasi yang paling sering saya gunakan adalah ·
  1. Media Musik: digunakan untuk mendengarkan lagu – lagu untuk refreshing · Social Media (BBM, Facebook, Twitter): fitur ini digunakan untuk berkomunikasi dengan teman, kenalan, atau orang lain. · SMS : digunakan untuk mengirim pesan kepada orang lain. · 
  2. Kamera : digunakan untuk memotret sekitar. 
  3. Fitur/fungsi aplikasi yang menurut saya paling menarik adalah penggunaan dan pemakaian kata sandi. Yang pertama kita harus membuka “opsi” pada smartphone anda. Kemudian pilih “kata sandi” pada urutan opsi tersebut. Setelah dibuka, pilihlah opsion kata sandi dan pilih “diaktifkan”. Kemudian, dibawah opsion kata sandi terdapat opsion “setel kata sandi” dan kita bisa menuliskan kata sandi baru setelah memilih opsion tersebut. Setelah menuliskan kata sandi baru kemudian terdapat verifikasi kata sandi baru agar tidak keliru dalam menuliskan kata sandi tersebut. Selanjutnya, kita pilih opsion “jumlah mencoba kata sandi” disitu terdapat berbagai macam angka, jika kita tidak bisa membuka kata sandi tersebut sebanyak yang kita inginkan atau yang kita pilih pada opsion tersebut, maka smartphone ini akan memblokir sendiri dan harus dibawa ke blackberry service untuk bisa menggunakan kembali smartphone ini. Kemudian, dibawah opsion tersebut terbatat opsion “batas waktu keamanan”. Opsion ini berguna untuk batas waktu dalam mengunci smartphone ini dalam bentuk kata sandi. Selain itu, opsion aplikasi kata sandi lainnya adalah “konfirmasi saat install aplikasi”, “izinkan panggilan keluar saat terkunci”, dan “kunci handheld saat diholster. Opsion tersebut bisa anda atur sendiri sesuai keinginan anda masing masing. Setelah selesai mengatur fitur kata sandi klik kanan tombol smartphone dan pilih “simpan”. Fitur kata sandi ini kita dapat memegang privasi kita dan tidak sembarang orang tau pada privasi smartphone kita. 
Selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment