Tuesday 1 October 2013

Vektor & Bitmap 2



TUGAS II – TIK
TOPIK : VEKTOR (TIK)
1.    Vektor adalah suatu objek yang didefinisikan dengan besaran dan arah. Vektor dapat merujuk pada : vektor (spasial) dan vektor (biologi).

2.    Bitmap adalah adalah representasi dari citra grafis yang terdiri dari susunan titik yang tersimpan di memori komputer. Dikembangkan oleh mikrosoft dan nilai setiap titik diawali oleh satu bit data untuk gambar hitam putih, atau lebih bagi gambar berwarna.

3.    Contoh gambar vektor dan bitmap :

*      Gambar  vektor
  
 


*      Gambar bitmap
 
  


4.    Perbedaan vektor dan bitmap dalam bentuk tabel       
VEKTOR
BITMAP
Disusun oleh objek geometris yang dibuat berdasarkan perhitungan matematis
Disusun oleh objek yang disebut pixel
Sifatnya resolution independent
Sifatnya resolution dependent atau dipengaruhi resolusi
Pengaruh perbesaran tidak pecah, blur, atau rusak
Pengaruh perbesaran pecah, blur dan rusak jika melewati batas toleransi tampilan
Ukuran penyimpanan relatif kecil
Ukuran penyimpanan relatif besar
Digunakan untuk ilustrasi dengan bentuk geometris sederhana, warna solid atau gradasi tanpa terlalu banyak variasi warna. Cocok untuk logo dan jenis desain yang mengandalkan kesederhanaan bentuk.
Digunakan untuk gambar kompleks, berupa ragam warna dan bentuk yang beraneka, seperti foto dari hasil bidikan kamera.
Format penyimpanan bias berupa AL, CDR, FH, EPS
Format penyimpanan PSD, TIF, JPEG, GIF, BMP
Software yag digunakan adalah Corel Draw, Adobe Illustrator, Inkscape
Software yang biasa digunakan adalah Adobe Photoshop, Adobe Fireworks, Corel Photopaint, atau GIMP
Kualitas garis tidak  bergantung dari banyaknya pixel
Kualitas garis bergantung dari banyaknya pixel

5.    Software pengolah/pembuat vektor dan bitmap yang dapat dipakai secara bebas dan yang berbayar
*      Software pengolah/pembuat pada vektor dibagi menjadi 2, antara lain :
·         Software aplikasi vector 2 dimensi
- Adobe Illustrator, macromedia freehand dan Corel Draw
·         Software aplikasi vector 3 dimensi
-   Maya 3D, Strata 3D CX, Ulead COOL 3D, Swift 3D, AutoCad, 3D Home Architect
*      Software pengolah/pembuat pada bitmap dibagi menjadi 2, antara lain :
·         Software aplikasi bitmap 2 dimensi
- Windows Paint, Paintbrush, Adobe Photoshop, Corel Photopaint
·         Software aplikasi bitmap 3 dimensi
-   Digital Clay dan Digital nendo
Program Aplikasi Pengolah Vektor
*      Dia dan Inkscape merupakan program aplikasi pengolah vektor yang bersifat bebas (free), namun kemampuannya tidak kalah dengan aplikasi berbayar.
*      CorelDraw, Macromedia Freehand, Macromedia Flash merupakan program aplikasi pengolah vektor yang berbayar (tidak gratis).
Program Aplikasi Pengolah Bitmap
*      Program aplikasi pengolah bitmap yang bebas (free) adalah GIMP. Meskipun gratis, gambar yang dihasilkan GIMP tidak kalah kualitasnya dengan gambar yang dihasilkan program berbayar.
*      Photoshop dan Photopaint merupakan program aplikasi berbayar (tidak gratis).

6.    Program aplikasi pengolah vektor bersifat free (bebas)

*      Keunggulan Inkscape :
a.    Bersifat Open Source Software.
b.    Hasil gambar vectoknya lumayan lebih halus.
c.    Komponen warna yang lebih kaya
d.    Untuk gradasi dan masking juga lebih halus.
e.    Hasil gambarnya dalam bentuk .svg, yang bisa langsung di viewer dengan image viewer.
Program aplikasi pengolah vektor bersifat berbayar (tidak gratis)
*      Keunggulan CorelDraw :
  Gambar yang dihasilkan dengan vektor atau berbasis vektor bisa ditekan pada tingkat yang paling rendah namun hasilnya tidak kalah dengan gambar yang berbasis bitmap atau raster.
  Penggunaan Corel Draw, terutama pada tool-tool yang ada di dalamnya sangat mudah dipahami oleh penggunanya, bahkan oleh orang yang baru pertama menggunakannya.
  Corel Draw sangag baik untuk mengkolaborasikan antara tulisan dengan gambar, seperti layaknya Adobe Potoshop.
  Banyaknya pengguna Corel Draw, membuat adanya komunitas dengan jumlah anggota yang besar. Hal ini akan membuat kita tidak kesulitan jika ingin mempelajari Corel Draw lebih mendalam karena banyak ditemukan tutorial, tips dan trik yang diproduksi oleh pengguna lain.

*      Keunggulan Macromedia Freehand
kemampuannya berkolaborasi dengan produk-produk Macromedia lainnya seperti Macromedia Director, Macromedia Flash, dan Macromedia Dreamweaver.

*      Keunggulan Macromedia Flash
1. Animasi dan gambar konsisten dan fleksibel, karena tetap terlihatbagus pada ukuran jendela dan resolusi layar berapapun pada monitorpengguna.
2. Kualitas gambar terjaga. Hal ini disebabkan karena flashmenggunakan teknologi Vector Graphics yang mendeskripsikangambar memakai garis dan kurva, sehingga ukurannya dapat diubahsesuai dengan kebutuhan tanpa mengurangi atau mempengaruhikualitas gambar. Berbeda dengan gambar bitmap seperti bmp, jpg dangif yang gambarnya pecah-pecah ketika ukurannya dibesarkan ataudiubah karena dibuat dari kumpulan titik-titik.
3. Waktu loading (kecepatan gambar dan animasi muncul atau loadingtime) lebih cepat dibandingkan dengan pengolah animasi lainnyaseperti animated gif dan java Applet.
4. Mampu membuat website interaktif, karena pengguna (user) dapatmenggunakan keyboard atau mouse untuk berpindah ke bagian laindari halaman web atau movie, memindahkan obyek., memasukkaninformasi ke form.
5. Mampu menganimasi grafis yang rumit dengan sangat cepat, sehinggamembuat animasi layar penuh bisa langsung disambungkan ke situsweb.
6. Mampu secara otomatis mengerjakan sejumlah frame antara awal danakhir sebuah urutan animasi, sehingga tidak membutuhkan waktu yanglama untuk membuat berbagai animasi.
7. Mudah diintegrasikan dengan program Macromedia yang lain, sepertiDreamweaver, Fireworks, dan Authorware, karena tampilan dan toolyang digunakan hampir sama.
8. Dapat diintegrasikan dengan skrip sisi-server (server side scripting)seperti CGI, ASP dan PHP untuk membuat aplikasi pangkalan dataweb.
9. Lingkup pemanfaatan luas. Selain tersebut diatas, dapat juga dipakaiuntuk membuat film pendek atau kartun, presentasi, iklan atau webbanner, animasi logo, kontrol navigasi dan lain-lain.
            Program aplikasi pengolah bitmap yang bersifat bebas (free)
*      Keunggulan GIMP :
1. Bisa digunakan di PC yang SO-nya Windows, Linux, dan Mac OS.
2. Gratis.
3. Aplikasinya ringan dan bisa digunakan di komputer yang menggunakan spesifikasi rendah / minimum sekalipun.
4. Penyeleksian gambar / photo lebih mudah.
5. Mengimport / mengeksport gambar / foto ke ekstensi SVG.
6. Bisa membuat gambar animasi.
7. Mampu gambar atau foto menampilkan dari berbagai macam format file.
8. Mengedit layer teks lebih mudah.
9. Mendukung berbagai macam format file.
10. Bisa ditambahakan pulg-in layaknya Adobe Photoshop tetapi plug-in-nya gratis.
11. Jika Anda kurang cocok dengan tampilan awalnya, maka Anda bisa menggantinya.
12. Bersifat Open Source.
           
            Program aplikasi pengolah pada bitmap yang bersifat berbayar (tidak gratis)
*      Keunggulan Photoshop :
1. Lebih familiar dan mudah digunakan dibanding software editing gambar selevel Adobe Photoshop.
2. Fasilitas editing gambar hingga efek variasi gambar lebih lengkap.
3. Bisa menyimpan dalam berbagai format dengan berbagai kualitas gambar beserta resolusi dan ukurannya.
4. Bisa untuk memanipulasi/merekayasa foto
5. Fasilitas efek bisa ditambah.
6. File hasil editan bisa disimpan dalam format JPG dengan kualitas bagus.

*      Keunggulan Photopaint
Karena penggunaan cukup simple, dan mudah dimengerti.
7.    Software vektor dan bitmap yang sering kita gunakan adalah :
*      Software pada vektor yang kita gunakan adalah CorelDraw karena kita baru mempelajari software tersebut di kelas 2 SMA.
*      Software pada bitmap yang kita gunakan adalah Photoshop karena software ini paling banyak digunakan oleh masyarakat khususnya remaja untuk mengedit foto, dan cara penggunaannya tergolong mudah.


Ditulis Oleh 120102051314

No comments:

Post a Comment